TENTANG KAMI

button-twitter.png button-facebook.png

Sejarah Singkat

Jurusan Teknik Elektro Universitas Trisaksi merupakan salah satu Jurusan Teknik Elektro tertua di Indonesia dan memiliki Status Akreditasi A yang diperoleh melalui SK BAN PT No. 972/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/S1/X/2015 tertanggal 3 September 2015. Jurusan Teknik Elektro Universitas Trisakti hadir melalui program studi Sarjana Teknik Elektro atau S-1 untuk mempersiapkan lulusan yang mampu memecahkan masalah-masalah kelistrikan dan mengembangkan pengetahuannya, agar dapat bekerja dalam bidang pelaksanaan program penelitian, perencanaan, pelaksanaan dan pengaturan sistem perlengkapan mesin-mesin teknik elektro; serta dalam waktu singkat dapat menyesuaikan diri dengan pengembangan kekhususan cabang teknik elektro yang terdapat di berbagai jenis industri dan lapangan pekerjaan terkait
 
Berdirinya Jurusan Teknik Elektro Universitas Trisakti tidak terpisahkan dari sejarah berdirinya Universitas Trisakti dan Universitas Res Republika. Berdasarkan surat keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No. 013/dar/Tahun 1965, tanggal 15 November 1965, Universitas Res Republika dibuka kembali dengan mengganti namanya menjadi Universitas Trisakti, yaitu Universitas baru yang berlandaskan Pancasila.
 
Pada saat pendirian Universitas Trisakti tersebut, Departemen Elektro berada di bawah Fakultas Teknik bersama 3 departemen teknik lainnya, yaitu Mesin, Sipil, dan Arsitektur. Pada tahun 1983 Fakultas Teknik Universitas Trisakti dikembangkan menjadi 2 Fakultas yaitu Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) dan Fakultas Teknologi Industri (FTI), di mana Jurusan Teknik Elektro berada di bawah FTI bersama dengan Jurusan Teknik Mesin, Geologi dan Perminyakan. Pada tahun 1984 Jurusan Teknik Geologi dan Perminyakan memisahkan diri dari FTI dengan membentuk Fakultas Teknologi Mineral  (FTM) dan di FTI lahir Jurusan baru yaitu Teknik Industri sehingga di FTI terdapat 3 Jurusan yaitu Teknik Mesin, Elektro, dan Industri. Tahun 1996 bertambah lagi satu Jurusan  yaitu  Teknik Informatika.
 
Pada periode 1966-1967 ijazah Sarjana Muda Lengkap dan Sarjana Lengkap Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro telah berstatus DIAKUI. Pada tahun 1972 Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro mengalami peningkatan status dari status DIAKUI menjadi DISAMAKAN untuk ijazah Sarjana LENGKAP melalui surat keputusan Menteri P dan K No. 090/u/1972 tanggal 8 Juni 1972.
Pada tahun 1983 Jurusan Teknik Elektro mulai menerapkan sistem kredit semester dan pada tahun 1984 Jurusan Teknik Elektro FTI USAKTI memperoleh predikat sebagai Jurusan terbaik ke-2 di lingkungan Kopertis Wilayah III.
 
Pada saat mula-mula didirikan kegiatan pendidikan dan pengajaran di Jurusan Teknik Elektro terdapat dua pengutamaan studi yaitu:
a.              Teknik Tenaga Listrik (Arus Kuat)
b.             Teknik Telekomunikasi dan Elektronika (Arus Lemah).
 
Pada tahun Akademik 1984/1985, Jurusan Teknik Elektro mengembangkan satu pengutamaan studi yang baru yaitu Kontrol dan Komputer, sehingga pengutamaan studinya menjadi 3, yaitu:
a.             Teknik Tenaga Listrik
b.             Teknik Telekomunikasi dan Elektronika
c.             Kontrol dan Komputer.
 
Selanjutnya sejak tahun 1996 Jurusan Teknik Elektro dikembangkan lagi sehingga mempunyai 5 macam peminatan, yaitu:
a.             Tenaga Listrik
b.             Telekomunikasi
c.             Sistem Kendali
d.             Elektronika
e.             Sistem Komputer
 
Pada tahun Akademik 2014/2015 untuk menjawab kebutuhan masyarakat, maka Jurusan Teknik Elektro mengadakan program studi lanjut bagi lulusan D3 dengan 3 peminatan, yaitu:
a.             Tenaga Listrik
b.             Telekomunikasi
c.             Elektronika
 
Penerimaan Mahasiswa Baru Trisakti

icon-twitter.pngRecent Tweets

icon-fb.png Recent Posts

icon-gallery.pngLatest Pictures

Guru Besar

Hubungi Kami



Email: humas@trisakti.ac.id

Alumni